Kamis, 21 Mei 2009

Pesawat C-130 milik Angkatan Udara RI terjatuh


Lagi-lagi dilema dan tragedi kembali melanda negeri ini. Sebuah pesawat angkut milik Angkatan Udara kita yang berjenis Hercules (C-130) telah terjatuh di Magetan, Jawa Timur pada Rabu pagi 19 Mei 2009. Pesawat naas itu telah menewaskan lebih dari 100 orang anggota TNI AU dan warga sipil. Warga sipil tersebut adalah orang yang mendiami rumah yang akhirnya tertimpa oleh badan pesawat. Diantara korban yang tewas, beberapa diantaranya ada seorang anak berusia 5 tahun yang jasadnya tertindih di bawah reruntuhan bankai pesawat.

Selama lima bulan terakhir telah terjadi sedikitnya empat kali terjadi kecelakaan pesawat milik anggota TNI AU. Setelah sebelumnya pesawat jenis yang sama mengalami pecah ban di Wamena, Papua, kemudian kecelakaan yang terjadi pada pesawat jenis Fokker. Diduga minimnya biaya anggaran pemeliharaan menjadi penyebab kecelakaan yang terjadi akhir-akhir ini. Menteri Pertahanan, Juwono Sudarsono juga mengungkapkan bahwa besarnya anggaran untuk pertahanan yang seharusnya adalah sebesar 25% akan tetapi pada kenyataannya hanya dibawah 10% saja.

Sungguh suatu hal yang menyedihkan bukan? Karena pesawat-pesawat kita baik milik TNI AU maupun pesawat-pesawat komersil di Indonesia ini kerap kali terjadi kecelakaan, banyak kalangan menyebut pesawat-pesawat kita sebagai ‘Peti Mati Terbang’.


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan kasih komentar Anda disini !!!